Saturday, November 14, 2009

Kacamata Penerjemah Bahasa Asing? Coba Tele Scouter

Kamus bahasa asing mungkin akan segera berlalu, setelah manufaktur Jepang, NEC meluncurkan sepasang kacamata yang dapat secara otomatis menterjemahkan kata dan frase yang diucapkan.

Kacamata Tele Scouter memiliki fitur microphone compact dan camera, yang dapat mengambil percakapan bahasa asing.

Kemudian perekam audio akan menyampaikan terjemahan via suara ke komputer kecil di tangan user, yang akan mentransmisikan informasi ke remote server.

Server kemudian menterjemahkan kata dari ucapan ke text, dan mentransmisikan kembali ke kacamata.

Setelah itu, frase yang diterjemahkan akan tampil dalam display retina kecil di kacamatan, yang menyediakan terjemahan percakapan dengan bahasa sendiri.

System hardware kacamata Tele Scouter didesain sangat ringan, sehingga terasa nyaman untuk periode yang lama dan tidak menggunakan terlalu banyak power baterai.

Display retina menampilkan text di pandangan pengguna, sehingga tidak menghalangi pengguna ketika berkontak mata dengan lawan bicara.

Tele Scouter ini masih merupakan prototype, walaupun NEC berniat menjadikan kacamata ini untuk peluang bisnis di tahun depan.

NEC mengakui bahwa kemampuan device tersebut masih terbatas.

NEC mengatakan bahwa Tele Scouter juga dapat digunakan teknisi untuk melihat panduan atau manual ketika meng-instal dan memperbaiki hardware. System Tele Scouter ini support untuk 30 user dengan harga $8.5 juta, dan NEC berniat menjual 1,000 system Tele Scouter dalam 3 tahun ke depan.

0 comments:

Post a Comment

Locations of Site Visitors

My Blog List