Friday, November 13, 2009

Fakta Sejarah yg terlalu "Overrated" (diagung-agungkan)

1. Alexander The Great



Tokoh ini sangat dipuja dan begitu diagung2kan oleh milyaran manusia karena kehebatannya. Keberhasilannya adalah mendirikan Empire yg sangat luas sampai ke ujung timur dunia (klaimnya ). Padahal sebenarnya prestasinya itu tidak sehebat yg dibicarakan, bahkan Alexander sendiri banyak kekurangannya, berikut ulasannya :

- Banyak yg tidak tau klo Alexander itu Maho a.k.a Homo
- Sesungguhnya dia hanya menaklukkan satu kerajaan, yaitu Persia Achaemenid.
- Kekuatan Persia sendiri sudah sangat jauh berkurang pada saat Alexander menyerang, tidak sekuat pada masa Darius.
- Dia juga tidak menaklukkan seluruh wilayah kekuasaan Persia karena Persia terlalu memusatkan pasukannya pada battle of Gaugamela, sehingga kekuatan Persia sudah nyaris habis pasca pertempuran tsb. Otomatis banyak wilayah yg dia dapatkan melalui penyerahan diri province2 Persia.
- Luas wilayah Imperium Alexander masih kalah luas dibanding Persia, inperium yg dia taklukkan.
- Dia bukan pemimpin hebat karena sering terlalu ceroboh dan ambisius, shg tidak menghiraukan keadaan pasukannya yg kelelahan ketika ekpedisi ke india.
- Kekuasaannya sangat rapuh, itu terbukti dari pecahnya kerajaan Alexander pasca kematiannya. Itu juga membuktikan dia bukan organisator yg baik karena tidak bisa membuat sistem ketatanegaraan yg baik dan kaderisasi.

2. Kekaisaran Romawi (Romawi Barat) = Military Power



Entah mengapa banyak yg terlalu mengagungkan kekuatan Roma pada masa Pax Romana. Menurut gue, saudara mereka (Romawi Timur / Byzantine) jeuh lebih kuat.

-Pada masa itu praktis tidak ada kerajaan lain yg sebanding kekuatannya dengan Romawi, hanya gangguan suku2 barbar, yg nantinya menghancurkan mereka. Bandingkan dengan Byzantine yg harus berhadapan dengan Persia Sassanid & Arab.

- Kekuatan pasukan Infantry mereka yg sangat dibanggakan bisa dihancurkan oleh Hannibal dari Chartage yg notabene kerajaan Maritim. Pada saat itu bahkan pasukan Hannibal dengan leluasa menaklukkan kota2 di semenanjung italia.

- Perluasan kekaisaran hanya melalui penaklukan kerajaan2 kecil & suku2 barbar yg relatif lebih mudah.

0 comments:

Post a Comment

Locations of Site Visitors

My Blog List