Sunday, November 15, 2009

Bahaya Gan Klo Nyimpen Kaleng di Dalem Mobil...

Apakah juragan nyimpen kaleng Penyegar Ruangan, Hairspray, WD-40, Spray Perfume, dll. di dalam kendaraan juragan? Apabila jawabannya "Ya", maka sebaiknya juragan berpikir ulang!
Foto di bawah ini memperlihatkan pada kita bahwa kaleng yang berisi gas tertekanan (aerosol) dapat meledak di dalam sebuah mobil dan menancap ke dalam tempat duduk belakang dalam mobil tersebut.
Suhu di sekitar mobil pada saat itu sekitar 38oC (100oF).

Spoiler for pict:

Bayangin gan, bagaimana jika juragan, keluarga, sahabat, atau orang yang juragan cintai sedang duduk pada tempat duduk itu pada saat kejadian berlangsung? Bila ada teman, rekan kerja, atau anggota keluarga juragan yang menyimpan kaleng aerosol dalam kendaran mereka, maka kasih tau segera gan sama mereka!

Jangan meninggalkan kaleng berisi gas bertekanan (apapun jenisnya) di dalam
kendaraan dimana kaleng tersebut dapat terpapar langsung sinar matahari!!!


Apa yang ada di dalam kaleng aerosol?
Spoiler for pict:

Dalam kaleng aerosol ada dua: produk dan propellant (zat pendorong). Ada dua tipe propellant: gas yang dikompresi (compressed gas, seperti nitrogen atau karbondioksida) dan gas yang dicairkan (liquified gas, contohnya butana, isobutana, propana). Biasanya keperluan rumah tangga saat ini menggunakan tipe yang kedua. Di dalam kaleng, uap menghasilkan tekanan untuk mendorong produk keluar. Makin turun level produk, semkin banyak propellant yang menguap untuk mempertahankan tekanan yang konstan di atas produk. Propellant jenis liquefied gas paling banyak adalah hidrokarbon sederhana seperti butana dan propana.
Konsekuensinya, zat ini sangat mudah terbakar (flammable). Chlorofluorocarbon (CFC) pernah digunakan sebagai propellant. Keuntungan zat ini adalah tidak mudah terbakar, namun ilmuwan tealh menemukan bahwa zat tersebut ternyata merusak lapisan ozon di atas atmosfir.
Insiden yang terjadi seperti yang ada pada gambar di bawah ini terjadi di suatu pabrik penyulingan minyak (refinery) di daerah Beaumont, Texas.
Spoiler for pict:

Insiden yang terjadi seperti yang ada pada gambar di atas ini terjadi di suatu pabrik penyulingan minyak (refinery) di daerah Beaumont, Texas. Sebuah kaleng deodorant spray tertinggal dibelakang mobil yang diparkir di lapangan terbuka di tengah teriknya siang hari.Tanpa ba-bi-bu terlebih dulu, kaleng tersebut meledak di dalam mobil.Untunglah, tidak ada orang yang berada di dalam mobil atau di dekatnya saat insiden itu berlangsung.

pesen ane satu gan :
Spoiler for pesen:

Anda harus selalu membaca dan mengikuti petunjuk/rekomendasi keselamatan dari produsen produk yang tercantum di label kaleng.

0 comments:

Post a Comment

Locations of Site Visitors

My Blog List