Monday, June 16, 2008

Jujutsu


Jujutsu (bahasa Jepang: 柔術, jūjutsu; juga jujitsu, ju jutsu, ju jitsu, atau jiu jitsu) adalah sistem bela diri Jepang; sejenis olah raga bela diri Jepang.

Ju-Jitsu atau Jiu-Jitsu atau Jujutsu merupakan teknik bela diri yang berasal dari jaman Jepang Kuno. Munculnya boleh dibilang hampir bersamaan dengan bela diri tertua di Jepang yaitu Sumo/Gulat Jepang (230 th SM). Jiu-Jitsu merupakan induk berbagai bela diri dari Jepang, Korea, Brazil, Rusia, Israel dll. Diantaranya Judo, Aikido, Kobudo, Kendo, Iaido, Hapkido(Korea),Vale Tudo(Brazil),Sambo(Rusia), Krav Maga(Israel), dll

Secarah harfiah kata Jiu atau Ju berarti lentur atau fleksibel dan kata Jitsu atau Jutsu berarti teknik atau cara/metode. Maka Ju-Jitsu berarti bela diri yang fleksibel. Jiu-Jitsu memiliki berbagai teknik; ada teknik keras ada juga teknik lembut/halus, ada teknik menyerang ada teknik bertahan, ada teknik menggunakan kekuatan fisik ada pula dengan tenaga dalam dan pernafasan, serta banyak teknik tangan kosong dan teknik menggunakan senjata.

Intinya Jiu-Jitsu menggunakan segala teknik/cara untuk melumpuhkan/menguasai lawan. Pada dasarnya teknik Jiu-Jitsu adalah teknik bertarung bebas yang sebenarnya bukanlah sport. Akan tetapi dalam masa modern ini Sport Jiu-Jitsu juga mulai marak sehingga muncul banyak sekali even–even pertandingan Ju-Jitsu di berbagai negara dengan berskala Nasional, Regional maupun Internasional.

0 comments:

Post a Comment

Locations of Site Visitors

My Blog List