Saturday, March 12, 2011

4 Kegagalan yang pernah dilakukan Zhuge Liang selama hidupnya

Saya membahas ini bukan karena saya punya perasaan benci terhadap Kong Ming, namun saya melihat bahwa sekalipun orang yang dikatakan paling cerdas saat itu pun bisa melakukan kesalahan. Hendaknya kita semua bisa belajar dari kesalahan orang lain.

1. Gagal mendidik Liu Chan menjadi pemimpin yang baik.
mengapa? ini adalah amanat terakhir yang dititahkan kepada sang perdana mentri pada saat Liu Bei akan mangkat. Amanat yang begitu penting ini gagal dilaksanakan.
amanat Liu Bei kurang lebih berbunyi demikian: didik anakku supaya dia bisa jadi pemimpin yang baik, namun bila ia tolol, geser dia dan kamu (kong ming) naiklah jadi kaisar Shu Han.

2.Gagal melaksanakan amanat yang kedua dari Liu Bei, untuk merebut tahta bila Liu Chan ternyata tidak becus sebagai kaisar.

mengapa? apakah orang secerdas dia tidak mampu mengajar? atau paling tidak dia bisa mengupah orang lain yang berkualifikasi sedikit dibawahnya untuk membimbing kaisar muda. Hal ini merupakan suatu tanda tanya besar. Apakah ini perbuatan yang disengaja oleh Zhuge Liang? atau ini merupakan rekayasa dari para penulis sejarah? kalau kita tinjau, mungkinkah kaisar secerdas Qin Shi Huang Ti lalai mendidik penerusnya? mungkinkan orang sebijaksana Salomo lalai mendidik rehabeam anaknya? mungkinkah sejarah dipakai oleh orang yang merebut kekuasaan sebagai senjata untuk menenangkan massa? sebagai alat propaganda yang menunjukkan bahwa rezimnya lebih baik lebih benar daripada rezim sebelumnya.

3. Gagal menilai Ma Su.
suatu tragedi, ketika jendral kesayangan Zhuge liang harus dihukum mati karena Zhuge liang salah menilai kapasitas dan karakter dari Ma Su, padahal sewaktu masih hidup, Liu Bei pernah berpesan utk tidak menaruh kepercayaan yg besar utk Ma Su. Dengan berlinang air mata ia akhirnya memutuskan untuk menghukum mati Ma Su.

4. Gagal Meyakinkan Liu Bei untuk tidak menyerang Wu dalam aksi balas dendam

ketika Guan Yu terbunuh, Liu Bei dengan geram memerintahkan ekspedisi hukuman ke Wu. Zhuge Liang gagal meyakinkan Liu Bei untuk tidak menyerang Wu. Memang sesuatu yang sangat sulit mengingat eratnya hubungan Liu Bei dan Guan Yu, ditambah dengan pembunuhan Zhang Fei. Seandainya dia berhasil mencegah perang Shu - Wu ini maka tentu sejarah yg kita baca akan berbeda.

2 comments:

yg pling pnting adl saat dia gagal dlam perang wu zhang plan

Post a Comment

Locations of Site Visitors

My Blog List